
Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Jambi yang diwakili oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkum Jambi, Jonson Siagian, Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum Dina Rasmalita, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kortini JM Sihotang, serta Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum Ermasdon mengikuti sesi penyampaian Hasil Panel Rapat Pengendalian Kinerja Semester II yang membahas capaian kinerja pada Komisi 3 Kekayaan Intelektual pada kegiatan Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Kementerian Hukum Tahun 2025 yang menjadi bagian dari rangkaian Rapat Pengendalian Kinerja Semester II. Kegiatan ini membahas evaluasi capaian kinerja nasional serta perumusan langkah strategis untuk penguatan kebijakan ke depan.
Pada Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Kementerian Hukum tahun 2025, panel yang membahas capaian kinerja pada Komisi 3 Kekayaan Intelektual (KI) berfokus pada strategi peningkatan kinerja layanan, pendaftaran, pelindungan, dan penegakan hukum kekayaan intelektual, serta transformasi digital.
Isu-isu utama yang dibahas meliputi:
- Penguatan Layanan yang membahas upaya untuk membuat layanan Hukum menjadi lebih mudah, transparan, dan profesional.
- Transformasi Digital: Fokus pada digitalisasi layanan dan sistem penegakan hukum untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing, sejalan dengan kebijakan nasional menuju Indonesia Emas 2045.
- Strategi Perlindungan dan Penegakan Hukum, memaparkan kinerja penegakan hukum yang bersifat kolaboratif dan berdaya saing, serta membahas isu-isu terkait perlindungan dan penegakan hukum.
- Arah Kebijakan Nasional, Penyelarasan kebijakan dan program kerja di tingkat wilayah dengan arahan strategis pimpinan pusat Kementerian.
Pembahasan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja yang telah dicapai sepanjang tahun 2025, mengidentifikasi tantangan, dan merumuskan langkah perbaikan untuk tahun berikutnya.
Keikutsertaan Pimti Pratama Kanwil Kemenkum Jambi dalam forum strategis ini menjadi wujud komitmen dalam mendukung pengendalian kinerja kementerian secara terukur dan akuntabel. Melalui rapat koordinasi ini, setiap kantor wilayah diharapkan dapat menyelaraskan program kerja dengan kebijakan pusat serta mengoptimalkan capaian kinerja pada tahun berjalan.
Rapat koordinasi capaian kinerja ini juga menjadi momentum refleksi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi, khususnya dalam peningkatan kualitas layanan publik, tata kelola organisasi, serta penguatan reformasi birokrasi.
Melalui partisipasi aktif dalam Rakor Capaian Kinerja Kemenkum Tahun 2025, Kanwil Kemenkum Jambi berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja organisasi dan memberikan layanan hukum yang profesional, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.







